Aprilianto, Muna (2015) Pengembangan Model Bermain Sepakbola untuk Meningkatkan Aspek Psikologis Anak Usia 12-13 Tahun di Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-muna-aprilianto-11711251001.swf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model bermain sepakbola untuk meningkatkan aspek psikologis anak usia 12 - 13 tahun peserta sekolah sepakbola di Yogyakarta, yang dapat digunakan oleh pelatih dalam melaksanakan pembinaan sepakbola anak. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahapan yaitu tahap penelitian dan tahap pengembangan. Tahap penelitian terdiri dari kajian literatur, kajian penelitian relevan dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri perencanaan, validasi ahli, uji skala kecil, dan uji skala besar. Validasi melibatkan tiga orang ahli. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 10 siswa dan satu orang pelatih di Sekolah Sepakbola Real Madrid Yogyakarta. Uji coba uji coba skala besar dilakukan terhadap 22 siswa dan satu orang pelatih di Sekolah Sepakbola Real Madrid Yogyakarta dan 16 siswa dan satu orang pelatih Sekolah Sepakbola Bina Putra Jaya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, lembar observasi, dan rubrik penilaian. Analisis data pada tahap penelitian dan tahap pengembangan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa model bermain dalam berlatih sepakbola anak usia 12 - 13 tahun di Yogyakarta, yang terdiri dari tiga tahap, tahap pendahuluan, inti, penutup. Model disusun dalam buku petunjuk dengan judul “Berlatih Sepakbola dalam Bermain untuk Meningkatkan Aaspek Psikologis”. Berdasarkan penilaian para ahli, isi materi sangat baik, bahasa sangat baik, dan format penulisan sangat baik. Pada uji skala kecil secara substansi dan pelaksanaan tergolong sangat baik. Pada uji skala besar aspek substansi dan pelaksanaan tergolong sangat baik, sehingga dihasilkan model yang layak untuk digunakan. Hasil penilaian perkembangan psikologis siswa berupa semangat, gembira, dan disiplin dalam bermain sepakbola menunjukkan peningkatan, rata-rata nilai pertemuan kedua lebih besar dari rata-rata nilai pertemuan pertama, maka dapat disimpulkan model bermain sepakbola anak usia 12 - 13 tahun efektif untuk meningkatkan aspek psikologis siswa berupa aspek semangat, gembira, dan disiplin siswa dalam melakukan latihan sepakbola.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model, bermain, psikologis, sekolah sepakbola |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:42 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12792 |
Actions (login required)
View Item |