Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Aspek Keterampilan Proses IPA dan Kepedulian Lingkungan Siswa SMPN 5 Depok Sleman

Riesmiyati, Riesmiyati (2014) Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Aspek Keterampilan Proses IPA dan Kepedulian Lingkungan Siswa SMPN 5 Depok Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riesmiyati-12708259008.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam aspek keterampilan proses IPA dan kepedulian lingkungan siswa SMPN 5 Depok sleman pada materi bahan kimia rumah tangga. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Depok Sleman pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Dua kelas yang dipilih terbagi menjadi dua, yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 31 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, angket dan tes yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik observasi dan tes digunakan untuk memperoleh data keterampilan proses, sedangkan angket untuk memperoleh data kepedulian lingkungan. Aspek keterampilan proses yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah penyusunan hipotesis, inferensi dan komunikasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS TM 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek efektif meningkatkan keterampilan proses IPA dan kepedulian lingkungan siswa SMPN 5 Depok Sleman secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pembelajaran berbasis proyek, keterampilan proses IPA, kepedulian lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12791

Actions (login required)

View Item View Item