Pengembangan Media Komik IPA Berkarakter sebagai Implementasi Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII

Puspitorini, Retno (2014) Pengembangan Media Komik IPA Berkarakter sebagai Implementasi Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-retno-puspitorini-12708251021.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan komik hasil pengembangan, (2) mendeskripsikan peningkatan motivasi dan, (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik ranah kognitif, afektif, dan psikomotor setelah menggunakan media komik hasil pengembangan di dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi dari Dick & Carey dan Borg & Gall dan terdiri dari 8 tahap yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan produk, (3) pengembangan produk. (4) validasi dan revisi produk, (5) penilaian dan revisi produk, (6) pengujian terbatas dan revisi produk, (7) pengujian empirik, dan (8) diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media selanjutnya dinilai oleh pendidik IPA, pendidik kesenian, teman sejawat dari mahasiswa IPA, dan teman sejawat dari mahasiswa seni rupa. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dan VIII di SMP Negeri 1 Banjarnegara. Pengujian empirik menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan penilaian produk media komik sains, lembar observasi, lembar angket, tes (pretes dan postes), lembar penilaian diri, serta lembar penilaian antar teman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik IPA berkarakter: (1) layak digunakan dengan kriteria “sangat baik”, (2) mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan nilai gain skor sebesar 0,55 dan (3) mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik ranah kognitif (pengetahuan) dengan gain skor sebesar 0,42; meningkatkan ranah afektif (sikap) dengan gain skor sebesar 0,34; dan meningkatkan ranah psikomotor (keterampilan) di dalam setiap aktivitas praktikum

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komik berkarakter, kurikulum 2013, motivasi, hasil belajar peserta didik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item View Item