Studi Kesiapan dan Kebutuhan Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013 dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di Kabupaten Sleman

Prasatia, Rara Dwi (2014) Studi Kesiapan dan Kebutuhan Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013 dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rara-dwi-prasatia-12708251048.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA di SMP Kabupaten Sleman, 2) mengkaji kebutuhan sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, dan 3) mendeskripsikan kesiapan sekolah dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pengimplementasian Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA di SMP Kabupaten Sleman. Penelitian ini adalah penelitian survei. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Subjek/responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPA kelas VII, peserta didik (kelas VII), dan teknisi; laboran dan pustakawan. Objek penelitian adalah kesiapan dan kebutuhan sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 serta pengembangan keterampilan berpikir kritis pada Mata Pelajaran IPA di SMP Kabupaten Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes (angket/checklist, review dokumen, wawancara, dan observasi tak terstruktur) dan tes (lembar soal). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan 1) teknik deskriptif kuantitatif dan 2) teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesiapan sekolah berdasarkan guru yang telah dilatih adalah 4,83%, sedangkan yang belum dilatih 95,2%. Kesiapan sekolah secara persepsional menunjukkan sekolah siap mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA di Kabupaten Sleman. Akan tetapi, secara faktual menunjukkan sekolah belum sepenuhnya siap mengimplementasikan Kurikulum 2013, 2) kebutuhan sekolah terhadap sosialisasi/pelatihan bagi guru yang harus tuntas, peserta didik baru, dan peserta didik yang naik ke kelas VIII dan IX. Kemudian materials curriculum (RPP, LKPD, buku peserta didik, buku pegangan guru, laboran), 3) keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII pada Mata Pelajaran IPA di SMP Kabupaten Sleman berada dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi kurikulum 2013, kesiapan dan kebutuhan sekolah, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12788

Actions (login required)

View Item View Item