Nurhardini, Rachmi (2014) Pengaruh Penerapan Self dan Peer Assessment dalam Metode Diskusi Kelompok pada Materi Ekosistem terhadap Berpikir Aplikatif dan Kritis Peserta Didik di SMA Negeri 2 Magelang. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-rachmi-nurhardidni-12708251064.swf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan self dan peer assessment dalam metode diskusi kelompok pada materi ekosistem terhadap: (1) berpikir aplikatif dan (2) berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 2 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest with nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 2 Magelang. Sampel sebanyak dua kelas ditentukan menggunakan teknik cluster sampling. Kelompok eksperimen diberi perlakuan penerapan self dan peer assessment, kelompok kontrol diberi penilaian guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, self dan peer assessment, wawancara serta observasi. Pengaruh penerapan self dan peer assessment dianalisis dengan menggunakan ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan self dan peer assessment dalam metode diskusi kelompok pada materi ekosistem tidak berpengaruh secara signifikan terhadap berpikir aplikatif, dan (2) penerapan self dan peer assessment dalam metode diskusi kelompok pada materi ekosistem berpengaruh positif terhadap berpikir kritis
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self dan peer assessment, berpikir aplikatif dan berpikir kritis |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:43 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12785 |
Actions (login required)
View Item |