Pengembangan Model Pembelajaran Edutainment berbasis Detective Thinking yang Efektif bagi Penumbuhkembangan Keterampilan Proses Sains, Karakter Peduli Lingkungan, dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X SMA UII Yogyakarta

Priambodo, Panggih (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Edutainment berbasis Detective Thinking yang Efektif bagi Penumbuhkembangan Keterampilan Proses Sains, Karakter Peduli Lingkungan, dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X SMA UII Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-panggih-priyambodo-12708251033.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan model pembelajaran edutainment berbasis detective thinking yang layak untuk pembelajaran biologi dalam rangka menumbuhkembangkan keterampilan proses sains, karakter peduli lingkungan, dan hasil belajar kognitif peserta didik, (2) Mengetahui keefektifan model pembelajaran edutainment berbasis detective thinking bagi penumbuhkembangan keterampilan proses sains, karakter peduli lingkungan, dan hasil belajar kognitif peserta didik. Produk yang dikembangkan berupa draft model pembelajaran edutainment berbasis detective thinking disertai dengan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP dan LKPD, serta instrumen authentic assessment yang meliputi pedoman observasi keterampilan proses sains dan karakter peduli lingkungan, serta soal uji hasil belajar kognitif. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada langkah-langkah model prosedural yang diadaptasi dari Model Borg & Gall yang meliputi studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan dan perancangan, penyusunan draft (prototype) model pembelajaran dan validasi, uji coba terbatas dan revisi, uji coba diperluas dan penyempurnaan produk, serta diseminasi dan implementasi produk. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli, dua guru biologi SMA UII Yogyakarta, serta dua guru biologi SMAN 2 Wonosari. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas X MIPA 3 SMAN 2 Wonosari dengan dua tahap meliputi uji coba satu-satu dan uji kelompok kecil. Uji coba diperluas dilaksanakan di SMA UII Yogyakarta dengan kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran edutainment berbasis detective thinking telah layak untuk pembelajaran biologi dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Model pembelajaran edutainment berbasis detective thinking efektif menumbuhkembangkan keterampilan proses sains, karakter peduli lingkungan, dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA UII Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran edutainment, thinking detectively
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12783

Actions (login required)

View Item View Item