Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar dan Keterampilan Proses Terpadu Peserta Didik Kelas VII SMP

Kurniasari, Nuryati (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar dan Keterampilan Proses Terpadu Peserta Didik Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nuryati-kurniasari-12708251057.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, dan LKPD) berbasis proses dalam pembelajaran IPA di SMP; (2) peningkatan keterampilan proses dasar IPA dengan menggunakan pendekatan proses; serta (3) peningkatan keterampilan proses terpadu peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan proses. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall, meliputi langkah-langkah: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan dan membuat draft produk, (3) validasi, (4) uji coba terbatas, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan menggunakan kelas eskperimen dan kelas kontrol, dan (7) penyempurnaan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Imogiri Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) perangkat pembelajaran IPA berbasis proses dinyatakan valid oleh ahli materi, ahli media, pendidik IPA, dan teman sejawat dan layak digunakan untuk dapat meningkatkan keterampilan proses dasar dan keterampilan proses terpadu; (2) pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses dasar meliputi aspek: keterampilan melakukan observasi, melakukan pengukuran, mengkomunikasikan hasil penyelidikan, dan membuat simpulan; dan (3) pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses terpadu meliputi aspek: keterampilan menyusun hipotesis, membuat tabel dan grafik, menginterpretasikan data, dan melakukan penyelidikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran IPA, pendekatan proses, keterampilan proses dasar, keterampilan proses terpadu
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12782

Actions (login required)

View Item View Item