Prastiana, Elsa Winda (2014) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) Ditinjau dari Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Magetan. S1 thesis, UNY.
|
Text
Skripsi - Elsa Winda Prastiana.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) efektivitas TPS ditinjau dari aktivitas belajar matematika, (2) efektivitas TPS ditinjau dari prestasi belajar matematika, (3) efektivitas ekspositori ditinjau dari aktivitas belajar matematika, (4) efektivitas ekspositori ditinjau dari prestasi belajar matematika, (5) model pembelajaran yang lebih efektif diantara TPS dan ekspositori ditinjau dari aktivitas belajar matematika, (6) model pembelajaran yang lebih efektif diantara TPS dan ekspositori ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Magetan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Control Group Pretest and Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah XI-MM A, XI-MM B, XI-MM C, XI-TKJ A, XI-TKJ B, dan XI-TKJ C SMK Negeri 2 Magetan Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel diperoleh secara acak, kelas XI-TKJ A sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran ekspositori dan kelas XI-TKJ B sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran TPS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes prestasi belajar siswa yang berupa pre-test dan post-test, angket aktivitas belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran: (1) TPS efektif ditinjau dari aktivitas belajar siswa, (2) TPS efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa, (3) ekspositori tidak efektif ditinjau dari aktivitas belajar siswa, (4) ekspositori efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa, (5) TPS lebih efektif dibandingkan ekspositori ditinjau dari aktivitas belajar siswa, dan (6) TPS lebih efektif dibandingkan ekspositori ditinjau dari prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, kooperatif, think pair square, pembelajaran ekspositori, aktivitas belajar, prestasi belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |