Pengaruh Penggunaan Limbah Tapioka sebagai Sumber Belajar Biologi terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Kelas X di MAN 2 Pati

Iswardhani, Nunik (2014) Pengaruh Penggunaan Limbah Tapioka sebagai Sumber Belajar Biologi terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Kelas X di MAN 2 Pati. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nunik-iswardhani-10708251029.swf

Download (5MB)

Abstract

setelah menggunakan sumber belajar yang berupa limbah tapioka pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di kelas X MAN 2 Pati, (2) perbedaan motivasi belajar siswa setelah menggunakan sumber belajar yang berupa limbah tapioka pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di kelas X MAN 2 Pati, (3) pengaruh penggunaan sumber belajar yang berupa limbah tapioka terhadap motivasi belajar siswa kelas X MAN 2 Pati, dan (4) pengaruh penggunaan sumber belajar yang berupa limbah tapioka terhadap prestasi belajar siswa kelas X MAN 2 Pati. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group, pretest-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 2 Pati kelas X, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas X-2 sebagai kelompok kontrol dan kelas X-3 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling purposive. Variabel bebas pada penelitian ini adalah sumber belajar yang berupa limbah tapioka, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi keterampilan proses. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi, hasil angket dan hasil pre test dan post test. Analisis yang dilakukan menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar dengan menggunakan program SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan motivasi belajar setelah memanfaatkan limbah tapioka sebagai sumber belajar, ditunjukkan dengan hasil uji paired sample t test nilai sig.(2-tailed)>α (0,911>0,05). (2) Tidak ada perbedaan prestasi belajar setelah memanfaatkan limbah tapioka sebagai sumber belajar, ditunjukkan hasil uji paired sample t test nilai sig.(2-tailed)<α. (3) Motivasi belajar siswa yang menggunakan sumber belajar limbah tapioka lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan sumber belajar konvensional, namun perbedaannya sangat kecil sehingga bisa dikatakan tidak ada perbedaan ditunjukkan dari hasil uji t independent sample test nilai p>0,05 (0,448>0,05). (4) Prestasi belajar siswa yang menggunakan sumber belajar limbah tapioka lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan sumber belajar konvensional yang ditunjukkan dari hasil uji t independent sample test nilai p<0,05 (0,00<0,05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan limbah tapioka menjadi nata de cassava sebagai sumber belajar bisa menjadi variasi sumber belajar bagi guru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Limbah Tapioka, Sumber Belajar, Motivasi, Prestasi Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item View Item