Tinjauan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Islamiyah Nahdlatutthulab Cilacap. Disertasi. Yogyakarta

Rohmat, Rohmat (2014) Tinjauan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Islamiyah Nahdlatutthulab Cilacap. Disertasi. Yogyakarta. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-rohmat-09703261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Nahdlatutthulab (MA MINAT) Cilacap ditinjau dari perspektif multikultural; (2) nilai-nilai multikultural yang dikembangkan dalam pendidikan agama Islam di MA MINAT Cilacap; (3) Sikap guru pendidikan agama Islam dan siswa MA MINAT Cilacap terhadap implementasi pendidikan multikultural; (4) kultur MA MINAT Cilacap dalam pendidikan agama Islam berperspektif multikultural. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan naturalistik dengan lokasi penelitian di MA MINAT Cilacap. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif yang terdiri dari empat alur kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendidikan agama Islam di MA MINAT Cilacap mengacu pada kurikulum berdimensi multikultural. (2) nilai-nilai multikultural yang dikembangkan dalam bahan ajar adalah:persamaan hak, adil, toleransi, persaudaraan dan mengembangkan etika pergaulan. (3) Sikap guru yaitu terbuka terhadap keberagaman bahasa dan budaya, serta menghargai karakter siswa dari beragam daerah. Sikap tersebut didukung pemaknaan multikultural menurut guru dan siswa tentang: makna persamaan hak, adil, toleransi, persaudaraan dan etika pergaulan. Sikap siswa telah memiliki pemahaman dan kompetensi kultural. Siswa memberi makna adil adalah memberikan perlakuan yang sama antara ras dan latar belakang siswa MA MINAT Cilacap yang berbeda kultur, sedangkan persaman hak adalah penghargaan atas keragaman bahasa yang dimiliki oleh siswa. (4) Kultur MA MINAT Cilacap dalam mendukung implementasi pendidikan multikultural adalah dapat dideskripsikan melalui pembiasaan: bahtsul masail (diskusi tentang masalah-masalah dalam Islam), silaturahmi, multilingual, berpeci dan berjilbab, perpaduan arsitektur Jawa dan Islam, makna logo MA MINAT Cilacap dan tata aturan madrasah yang mengakomodasi kesetaraan hak semua personel madrasah

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam, pendidikan multikultural
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 19 Jan 2022 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12775

Actions (login required)

View Item View Item