Pengembangan Model Pembelajaran Humanis dalam Pendidikan Karakter pada Jenjang Sekolah Dasar

Jumarudin, Jumarudin (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Humanis dalam Pendidikan Karakter pada Jenjang Sekolah Dasar. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-08703261002-jumarudin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu urgensi dan tidak dapat ditunda lagi. Pendidikan karakter perlu dilaksanakan untuk mengajarkan kepada kaum muda mengenai nilai-nilai karakter kemanusiaan yang penting bagi kehidupan. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter positif adalah model pembelajaran humanis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) mengetahui nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui pembelajaran humanis pada peserta didik di jenjang sekolah dasar, (2) mendapatkan model pembelajaran humanis yang dapat mewujudkan tujuan pendidikan karakter pada jenjang sekolah dasar, dan (3) mengetahui perubahan yang terjadi pada diri peserta didik setelah dilaksanakan model pembelajaran humanis untuk pendidikan karakter di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan hasil modifikasi model pengembangan dari Borg & Gall. Kegiatan penelitian terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap studi pengembangan, dan tahap evaluasi. Tahap studi pengembangan dilakukan melalui studi literatur, studi lapangan, dan pendeskripsian hasil temuan. Tahap studi pengembangan meliputi kegiatan validasi model melalui expert judgement dan Focus Group Discussion, revisi model, uji coba terbatas, dan evaluasi penyempurnaan model. Tahap evaluasi melalui kegiatan evaluasi awal, implementasi, dan evaluasi akhir. Subjek coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 SD Negeri yang terdapat di Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul. Pada setiap sekolah dipilih 1 kelas, yaitu kelas V yang kemudian digunakan sebagai subjek coba. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif maupun pendekatan kuantitatif. Analisis data deskriptif kualitatif dilakukan untuk memberikan narasi yang logis sesuai dengan tujuan penelitian. Dalam analisis data deskriptif, data kualitatif yang diperoleh melalui instrumen penilaian dikonversikan ke data kuantitatif kemudian dideskripsikan. Analisis data keterlaksanaan model dilakukan melalui analisis deskriptif dan perhitungan tingkat percentages of agreements antara penilai. Analisis data keefektifan dan kepraktisan model dilakukan melalui analisis deksriptif. Analisis data kevalidan model dilakukan dengan analisis deskriptif dan pengukuran tingkat kesepahaman antar penilai (inter rater reliability) melalui Coefficient Cohen's Kappa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan model diawali dengan studi pendahuluan, studi pengembangan, dan evaluasi yang kemudian menghasilkan perangkat model pembelajaran humanis dalam pendidikan karakter di sekolah dasar berupa buku panduan model pembelajaran, perangkat penilaian, dan instrumen pengembangan model pembelajaran untuk menerapkan nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, dan kerja keras; (2) prosedur pengembangan model pembelajaran humanis dalam pendidikan karakter di sekolah dasar telah mampu menghasilkan seperangkat model dan instrumen penilaian yang terlaksana dengan baik, efektif, praktis, valid, dan reliabel; (3) peserta didik memiliki respon yang sangat positif terhadap model pembelajaran sehingga model berhasil membudayakan nilai karakter dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran humanis religius, pendidikan karakter, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 19 Jan 2022 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12774

Actions (login required)

View Item View Item