Pengaruh Penggunaan Waktu Menonton Televisi, Internet, dan Handphone terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik di Desa Kopang, Lombok Tengah

Winata, Aliahardi (2014) Pengaruh Penggunaan Waktu Menonton Televisi, Internet, dan Handphone terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik di Desa Kopang, Lombok Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aliahardi-winata-12705251009.swf

Download (919kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan waktu menonton televisi, Internet, dan handphone terhadap disiplin belajar peserta didik di Desa Kopang, Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 538 peserta didik SMA sederajat yang berada di Desa Kopang, Lombok Tengah. Sampel sejumlah 226 peserta didik ditetapkan dengan teknik Issac & Michael yang diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Penggunaan waktu menonton televisi berpengaruh secara positif terhadap disiplin belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t sebesar 3,644 dengan taraf signifikansi 0.000. (2) Mengakses Internet berpengaruh positif terhadap disiplin belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan berdasarkan nilai t yaitu 2,511 pada taraf signifikansi 0,013. (3) Mengakses handphone berpengaruh negatif terhadap disiplin belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t sebesar 1,477, pada taraf signifikansi 0.141. (4) Penggunaan waktu menonton televisi, mengakses Internet dan handphone berpengaruh positif terhadap disiplin belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji simultan diperoleh F sebesar 4,685, pada taraf signifikansi 0.003. Sumbangan efektif (SE) penggunaan waktu menonton televisi sebesar 43,1%, mengakses Internet sebesar 13,8%,dan mengakses handphone sebesar 0,1% terhadap disiplin belajar peserta didik. Besarnya sumbangan efektif penggunaan waktu menonton televisi, mengakses Internet, mengakses handphone terhadap disiplin belajar peserta didik adalah 57%%, sedangkan sisanya 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: menonton televisi, mengakses internet, mengakses handphone dan disiplin belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12753

Actions (login required)

View Item View Item