Pengembangan CD Interaktif Fisika Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA

Aprilistyani, Nina (2014) Pengembangan CD Interaktif Fisika Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-nina-aprilistyani.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan CD interaktif fisika berbasis macromedia flash yang berkualitas sehingga layak digunakan untuk pembelajaran fisika kelas X SMA materi alat optik; (2) mengetahui tanggapan siswa selama pembelajaran menggunakan CD interaktif fisika berbasis macromedia flash yang dikembangkan; (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan CD interaktif fisika berbasis macromedia flash hasil pengembangan; (4) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa selama menggunakan CD interaktif fisika berbasis macromedia flash hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) yang mengacu pada model 4-D yang meliputi define, design, develop dan desseminate. Penilaian produk dilakukan oleh dua orang ahli materi, dua orang ahli media, dua orang guru fisika dan dua orang teman sejawat. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas X SMA N 1 Bantul, dengan rincian sembilan siswa untuk uji coba terbatas dan 27 siswa untuk uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar angket, lembar observasi, dan lembar soal pretest dan posttest. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) CD interaktif fisika berbasis macromedia flash hasil pengembangan dikategorikan sangat baik ditinjau dari aspek materi dan media. 2) Siswa setuju untuk menggunakan CD interaktif fisika dalam pembelajaran fisika. 3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan CD interaktif fisika berbasis macromedia flash meningkat dengan rerata skor gain 0,60 dan dikategorikan sedang. Ketuntasan belajar meningkat sebesar 55,65%. Tidak ada pengaruh CD interaktif fisika berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signfikansi = 0,117 > alpha 0,05. 4) Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rerata skor gain 0,51 dan dikategorikan sedang. Ketuntasan berpikir kritis siswa meningkat sebesar 18,52%. Berdasarkan hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan sebesar 55,65% dan 85,18%. Ada pengaruh CD interaktif fisika berbasis macromedia flash terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0,005 < alpha 0,05

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12751

Actions (login required)

View Item View Item