Studi Ketercapaian Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level Enam Guru Fisika SMA Lulusan Universitas Sriwijaya dan Reflektifnya dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Creative Skill

Jhoni, Muhammad (2014) Studi Ketercapaian Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level Enam Guru Fisika SMA Lulusan Universitas Sriwijaya dan Reflektifnya dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Creative Skill. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-muhammad-jhoni.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) ketercapaian kompetensi guru fisika Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya terhadap KKNI level enam, dan (2) reflektifnya dalam pembelajaran fisika berbasis creative skill. Penelitian ini termasuk penelitian survei, yang dilakukan di SMA/SMK/MA negeri dan swasta Kota Palembang dan sekitarnya dalam lingkup wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Subjek penelitian adalah 12 guru fisika baru di bawah lima tahun dari kelulusannya, 12 guru senior fisika, dan 364 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) secara umum tingkat ketercapaian kompetensi guru lulusan Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya sudah mencapai KKNI level enam dengan kriteria cukup untuk deskriptor pertama, baik untuk deskriptor kedua, ketiga, dan keempat, dengan kelebihan/keunggulan kompetensi yang dimiliki: mampu memanfaatkan ICT dalam pembelajaran fisika, memiliki kompetensi profesional dan pedagogik yang baik, menguasai kompetensi bimbingan dan konseling, memiliki kompetensi sebagai guru fisika, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang baik, dan kekurangan/kelemahan kompetensi yang masih kategori cukup adalah kemampuan menggunakan peralatan laboratorium, dan kompetensi guru menerapkan penelitian pendidikan dalam pembelajaran fisika; serta (2) tingkat reflektifnya dalam pembelajaran fisika berbasis creative skill termasuk dalam kriteria baik pada dimensi produk, proses dan kepribadian guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 22 Mar 2017 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12750

Actions (login required)

View Item View Item