PENGEMBANGAN PROGRAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA ASING PADA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Pangesti Wiedarti, M. Appl. Ling., Ph. D. (2007) PENGEMBANGAN PROGRAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA ASING PADA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Pangesti_Wiedarti.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah melakukan pengembangan desain instruksional bagi a) Paket Program PBIPA bagi calon guru Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing dan b) Paket Program Pengajaran BIPA dan membina jejaring dengan rekanan dalam dan luar negeri yang berminat terhadap pengembangan pengajaran bahasa dan budaya Indonesia. Target khusus yang akan dicapai dikaitkan dengan Kurikulum FBS UNY 2002, bahwa (1) Paket Program PBIPA merupakan paket pilihan yang berdiri sendiri dan kelulusannya diberikan sertifikat terpisah dari transkrip program S1 dan akan dibuka untuk mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia atau non-bahasa Indonesia. Karenanya, perlu dilakukan studi: i) desain instruksional dan beberapa aspeknya, ii) sosialisasi paket pada mahasiswa dan rekanan yang memerlukan lulusan program Paket Pengajaran PBIA, dan iii) melakukan penelitian perbaikan pengajaran untuk semua mata kuliah dalam Paket Pengajaran PBIA; (2) Paket Pengajaran BIPA akan ditekankan pada: i) penyusunan kurikulum bagi program in country 3 atau 6 bulan, pengajaran BIPA bagi keperluan khusus (Indonesian for Specific Purposes), dan penyusunan modul pembelajaran; ii) pembentukan jejaring dan kerjasama dengan universitas di luar negeri yang berminat terhadap pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia, dan iii) membina kolaborasi dengan rekanan yang dimungkinkan terlibat dalam pelaksanaan Paket Pengajaran BIPA. Metode yang dipakai disesuaikan dengan tujuan pengembangan, antara lain: survei, observasional, dan berbagai metode yang dipakai dalam research-based teaching. Hasil penelitian ialah sebagai berikut. Dalam rancangan kurikulum 2007, program PBIPA diintegralkan dengan jumlah 144 sks. Hal ini berbeda dengan rancangan semula, yaitu memisahkan program PBIPA dari jumlah 144 sks. Pengintegralan ini sejalan dengan salah satu program I-MHERE, yaitu perintisan Jurusan PBSI menjadi program studi yang bertaraf internasional. Salah satunya ialah dengan memasuk-kan program PBIPA dalam kurikulum 2007 sebagai bagian yang integral dari jumlah 144 sks. Oleh karena hal tersebut, program ini untuk sementara waktu belum dapat dibuka untuk jurusan non PBSI. Silabus telah direvisi berdasarkan angket dan wawancara yang ditujukan kepada pihak-pihak (dosen) yang terlibat BIPA. Berdasarkan silabus yang telah direvisi ini dibuat tujuh modul yang akan diujicobakan pada tahap selanjutnya. Sosialisasi program PBIPA telah dilakukan secara nonformal kepada mahasiswa. Sosialisasi program ini secara formal baru akan dilakukan setelah kurikulum 2007 selesai dibuat. FBS, 2007 (PEND. BHS & SASTRA INDONESIA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
LPPM
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 29 Jun 2012 06:19
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1275

Actions (login required)

View Item View Item