Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Bekerjasama, Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan/Iklim dan Daur Ulang Limbah di kelas X SMA

Silaisah, Muhammad Fathu Jaya (2014) Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Bekerjasama, Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan/Iklim dan Daur Ulang Limbah di kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-fathu-jaya-sullaisah-12708251089.swf

Download (21B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)kualitas LKPD berbasis pembelajaran kooperatif group investigation materi perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah berdasarkan penilaian dosen, guru, teman sejawat dan peserta didik; 2) pengaruh LKPD terhadap keterampilan bekerjasama; 3) sikap ilmiah; dan 4) pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau dikenal juga dengan Research and Developmen (R&D) yang mengacupada model Borg & Gall. Penelitian ini terdiri 9 langkah terdiri dari: (1) studi kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk produk awal, (4) validasi instrumen, (5) revisi produk awal, (6) uji coba awal, (7) revisi produk utama, (8) uji coba lapangan, dan (9). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014. Desain uji coba lapangan utama untuk variabel keterampilan bekerjasama dan sikap ilmiah adalah pretest-posttest control group design, sedangkan untuk variabel pemahaman konsep adalah posttest-only control group design. Subjek penelitian pada uji coba lapangan utama adalah 59 orang peserta didik kelas X. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari pedoman wawancara, lembarangket, dan soal essay. Pedoman wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi sebelum penelitian, lembar angket digunakan untuk penilaian kualitas LKPD dan data keterampilan kerjasama serta sikap ilmiah, sedangkan soal essay digunakan untuk mengumpulkan data pemahaman konsep. Statistik deskriptif berupa tabel dan grafik digunakan untuk menganalisi data dan informasi sebelum penelitian, serta penilaian kualitas LKPD. Statistik inferensial yaitu uji-t digunakan untuk menganalisis data keterampilan bekerjasama, sikapi lmiah dan pemahaman konsep. Penelitian ini menghasilkan: 1) LKPD berbasis pembelajaran kooperatif group investigation (GI) pada materi perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah di kelas X SMA yang sangat layak menurut penilaian dosen, guru, teman sejawat dan peserta didik dengan rerata skor kelayakan 2,78 pada skala 3; 2) ada pengaruh penggunaan LKPD terhadap keterampilan bekerjasama; 3) sikap ilmiah dan 4) pemahaman konsep peserta didik dengan nilai p-value masing-masing setelah proses pembelajaran sebesar 0,00.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan LKPD berbasis pembelajaran kooperatif group investigation (GI), keterampilan bekerjasama, sikap ilmiah, pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12748

Actions (login required)

View Item View Item