Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP.

Mayariasari, Mayariasari (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mayariasari-12708259019.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) dan (2) mengetahui kemampuan perangkat pembelajaran IPA berbasis pendekatan CTL dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP. Penelitian pengembangan ini melalui 10 tahapan, yaitu: kebutuhan dan masalah, pengumpulan informasi, desain draft, validasi draft, perbaikan draft, uji coba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan pembuatan produk massal. Populasi penelitian adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Tepus, Gunungkidul dan sampel yang diambil adalah kelas 8A sebagai kelas eksperimen dan kelas 8B sebagai kelas kontrol. Sebelum dilakukan ujicoba produk, produk awal divalidasi oleh dua orang ahli dan direview oleh dua orang guru IPA serta dua teman sejawat. Uji coba produk dilakukan pada enam peserta didik. Ujicoba pemakaian dilakukan pada 23 peserta didik di kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, soal keterampilan berpikir kritis dan angket motivasi belajar. Perbedaan rata-rata motivasi dan keterampilan berpikir kritis antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diuji dengan Uji Manova. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis digunakan uji Gain Standar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan validasi oleh ahli materi, guru IPA dan teman sejawat, perangkat pembelajaran berbasis pendekatan CTL layak digunakan pada pembelajaran IPA di tingkat SMP (2) perangkat pembelajaran IPA berbasis pendekatan CTL mampu meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, CTL, motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12747

Actions (login required)

View Item View Item