Pengaruh Media Lingkungan Sekitar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPS SMP di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

Sayekti, Dadek Lukh (2014) Pengaruh Media Lingkungan Sekitar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPS SMP di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dadek-lukh-sayekti-12705251013.swf

Download (21B)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) signifikansi perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan media lingkungan sekitar dan media presentasi powerpoint; (2) signifikansi perbedaan hasil belajar antara penggunaan media lingkungan sekitar dan media presentasi powerpoint pada peserta didik yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi; (3) signifikansi perbedaan hasil belajar antara penggunaan media lingkungan sekitar dan media presentasi powerpoint pada peserta didik yang mempunyai kecerdasan emosional rendah; (4) pengaruh interaksi penggunaan media pembelajaran dan kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Cilacap yang menggunakan Kurikulum 2013 yaitu sebanyak enam sekolah. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dan terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah SMP Negeri 5 kelas VII D dan sebagai kelompok kontrol SMP Negeri 2 kelas VII F. Instrumen penggumpulan data hasil belajar IPS dengan tes uraian dan data kecerdasan emosional dengan kuesioner. Validitas instrumen diukur dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian (Anava) dua jalur dengan α = 0.05. Hasil penelitian menunjukan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan media lingkungan sekitar dan media presentasi powerpoint (p = 0.048 > α = 0.05); (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS dengan menggunakan media lingkungan sekitar dan yang menggunakan media presentasi powerpoint pada peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi (p = 0.000 < α = 0.05); (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS antara yang menggunakan media lingkungan sekitar dan yang menggunakan media presentasi powerpoint pada peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah (p = 0.015 < α = 0.05); (4) terdapat interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran dan tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil pembelajaran IPS (p = 0.000 < α 0,05). Dengan demikian media lingkungan sekitar lebih sesuai untuk pembelajaran IPS pada peserta didik yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedangkan media presentasi powerpoint lebih sesuai untuk pembelajaran IPS pada peserta didik yang mempunyai kecerdasan emosional rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, kecerdasan emosional dan hasil belajar IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 12 Apr 2016 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item View Item