Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Analisis dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA

Puspaningtyas, Khaireni (2014) Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Analisis dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-khairani-puspaningtyas.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika terhadap: (1) kemampuan analisis, dan (2) keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Parakan Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Parakan pada semester kedua tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga didapat dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan model inkuiri terbimbing dan kelompok kontrol diberi perlakuan berupa penerapan model ekspositori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan analisis siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Aspek kemampuan yang dinilai yaitu kemampuan analisis unsur, kemampuan analisis hubungan dan kemampuan analisis prinsip-prinsip organisasi. Teknik Observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran. Aspek keterampilan proses yang diteliti yaitu, merumuskan hipotesis, melakukan eksperimen, mengukur (menggunakan peralatan), mengamati, menulis data eksperimen, menganalisis data eksperimen, membuat grafik/diagram hasil eksperimen, membuat kesimpulan eksperimen dan mengkomunikasikan hasil eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika terhadap: (1) kemampuan analisis dan (2) keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Parakan. Kemampuan analisis dan keterampilan proses sains siswa pada kelas dengan menerapkan model inkuiri terbimbing lebih baik dari pada kelas dengan menerapkan model ekspositori.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12739

Actions (login required)

View Item View Item