Sarwinda, Khairani (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berpendekatan CTL Materi Ksp untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-khairani-sarwinda-12708251040.swf Download (21B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran audio visual berpendekatan CTL yang valid untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis secara signifikan. dan (2) mengetahui keefektifan penggunaan media audio visual berpendekatan CTL dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) pengembangan produk, dan (3) evaluasi/penilaian. Tahapan penelitian pendahuluan merupakan tahapan yang mencakup penetapan materi pembelajaran, analisis kebutuhan produk media audio visual dan penetapan pendekatan yang digunakan. Tahap pengembangan produk yaitu tahapan penentuan program, indikator, tujuan pembelajaran, perancangan muatan materi pembelajaran, membuat produk media audio visual, dan mewujudkannya dalam bentuk Compact disk (CD). Tahap evaluasi/penilaian produk dilakukan dengan evaluasi produk media pembelajaran audio visual oleh ahli materi, ahli media, guru kimia, teman sejawat, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Subjek coba dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran sedangkan. Objek dalam penelitian ini yaitu produk media audio visual berpendekatan CTL. Polpulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah sisa kelas XI IPA 5 dan 6 SMA N 6 Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan yaitu angket penilaian media, observasi, angket motivasi dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media audio visual berpendekatan CTL berhasil dikembangkan menggunakan model Borg & Gall dan dikatakan valid ditinjau dari aspek materi, kontekstual, motivasi, berpikir kritis, evaluasi, pembukaan, teks/huruf, warna, gambar, suara, animasi, penggunaan bahasa oleh ahli materi, ahli media, guru kimia, dan teman sejawat secara umum mendapatkan penilaian dengan kategori baik. Hasil penilaian tersebut membuktikan bahwa produk media audio visual berpendekatan CTL layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. (2) Motivasi belajar siswa meningkat terbukti dengan siswa merasa lebih antusisas, tertarik, dan senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen ada 25 orang yang mencapai ketuntasan belajar dan 6 orang tidak mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada kelas kontrol 20 orang mencapai ketuntasan belajar dan 12 orang tidak mencapai ketuntasan belajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual berpendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CTL, kemampuan berpikir kritis, media audio visual, motivasi belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:43 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12738 |
Actions (login required)
View Item |