Pengembangan Media Gambar “Be a Scientist” dengan Program Adobe Flash CS3 untuk Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA

Fitriana, Dina (2014) Pengembangan Media Gambar “Be a Scientist” dengan Program Adobe Flash CS3 untuk Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dina-fitriana-12705251017.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media gambar “Be a Scientist” dengan program Adobe Flash CS3 untuk pembelajaran Sejarah kelas X SMA; (2) mengetahui kelayakan media gambar yang dikembangkan. Penelitian ini adalah research and development. Subjek ujicoba dalam penelitian ini sejumlah 52 peserta didik, terdiri atas: (1) lima peserta didik untuk uji coba satu-satu; (2) 15 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil; 3) 32 peserta didik untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas: (1) wawancara, untuk mengumpulkan data tentang permasalahan proses pembelajaran Sejarah di sekolah; (2) observasi, untuk mengetahui keadaan sekolah dan keadaan laboratorium komputer; (3) lembar penilaian, untuk mengetahui penilaian siswa terhadap media yang dikembangkan; 4) dokumentasi, untuk menunjukkan bukti-bukti proses berlangsungnya penelitian. Prosedur analisis data yang digunakan untuk menentukan kelayakan produk yang dikembangkan adalah: (1) data yang diperoleh dari lembar penilaian dikonversi ke skala 100; (2) data dianalisis dengan statistik deskriptif; (3) selanjutnya, data dianalisis menggunakan penilaian acuan patokan (PAP); (4) akhirnya, seluruh data dikonversi ke dalam skala 100 untuk menentukan kriteria kelayakan pada masing-masing aspek. Penelitian ini menghasilkan media gambar “Be a Scientist” dengan program Adobe Flash CS3 untuk pembelajaran Sejarah kelas X SMA dengan materi pengaruh agama dan kebudayaan Islam di Indonesia. Hasil penilaian menunjukkan bahwa skor media sebagai berikut: (1) aspek materi, penilaian layak dengan skor 79,4 dan kategori penilaian “B” (baik). (2) aspek media, penilaian layak dengan skor 81,6 dan kategori penilaian “B” (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar “Be a Scientist” yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran Sejarah di kelas X SMA pada materi pengaruh agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media gambar “Be a Scientist”, pembelajaran sejarah, Adobe Flash CS3
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12737

Actions (login required)

View Item View Item