Kinerja Guru IPS SMP Bersertifikat Profesi Berdasarkan Standar Kompetensi Guru di Kabupaten Lombok Utara

Suryarahman, Eka (2014) Kinerja Guru IPS SMP Bersertifikat Profesi Berdasarkan Standar Kompetensi Guru di Kabupaten Lombok Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-suryarahman-11705251002.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru IPS SMP bersertifikat profesi sesudah sertifikasi di Kabupaten Lombok Utara, ditinjau dari empat kompetensi, yaitu: (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Sosial, (3) Kompetensi Kepribadian, (4) Kompetensi Profesional. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif dengan populasi penelitian berjumlah 24 orang guru IPS SMP yang bersertifikat profesi di Kabupaten Lombok Utara. Subjek penelitan ini adalah 24 guru IPS SMP bersertifikat profesi di Kabupaten Lombok Utara yang dinilai oleh 7 orang kepala sekolah, 14 guru sejawat dan 14 orang siswa. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, dan kuesioner/angket, terdiri atas kuesioner guru sejawat, kuesioner kepala sekolah dan koesioner siswa. (1) Pedoman observasi digunakan peneliti untuk mengamati kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di kelas. (2) Kuesioner guru sejawat digunakan untuk mengukur kinerja guru IPS menurut rekan sejawat. (3) Kuesioner kepala sekolah digunakan untuk menilai kinerja guru IPS menurut penilaian kepala sekolah. (4) Kuesioner siswa digunakan untuk menilai kinerja guru IPS menurut penilaian siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sejak bulan April sampai Juni 2013. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan analisis rentang skor. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat penguasaan kompetensi pedagogik oleh guru IPS SMP bersertifikat profesi berada pada kriteria sangat tinggi (87,5%). (2) Tingkat penguasaan kompetensi sosial oleh guru IPS SMP bersertifikat profesi berada pada kriteria sangat tinggi (79,2%). (3) Tingkat penguasaan kompetensi profesional oleh guru IPS bersertifikat profesi berada pada kriteria sangat tinggi (87,5%). (4) Tingkat penguasaan kompetensi kepribadian oleh guru IPS SMP bersertifikat profesi berada pada kriteria sangat tinggi (91,7%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru IPS SMP sesudah sertifikasi di Kabupaten Lombok Utara sudah sesuai berdasarkan standar kompetensi guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru, sertifikasi
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 11 Apr 2016 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12735

Actions (login required)

View Item View Item