Peningkatan Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Diskusi Kelompok Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Priyanto, Eko (2014) Peningkatan Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Diskusi Kelompok Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-eko-priyanto.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai demokrasi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui metode diskusi kelompok. Adapun penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman sebagian mahasiswa PBSID semester IV terhadap nilai demokrasi masih kurang dan menunjukkan sikap dan tingkahlaku yang kurang demokratis, sehingga penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan pengamalan nilai demokrasi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemis dan Taggart yang terlaksana dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV PBSID FKIP UMP yang berjumlah 60 orang mahasiswa, sedangkan tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan metode diskusi kelompok dalam mata kuliah PKn. Peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan dan dua orang dosen UMP sebagai kolaborator bertindak sebagai pengamat. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi yang hasilnya direkam dalam lembar observasi, tes tertulis dengan instrumen soal-soal uraian, serta wawancara dengan instrumen pedoman wawancara. Data penelitian terbagi dalam 2 jenis, yaitu data kualitatif yang berupa dokumen, hasil pengamatan, dan hasil wawancara, sedangkan data kuantitatif berupa hasil pretes (hasil pra tindakan) dan postes pada akhir siklus. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil belajar nilai demokrasi, data hasil tes dan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai demokrasi mahasiswa dapat ditingkatkan melalui penerapan metode diskusi kelompok dalam mata kuliah PKn di FKIP UMP. Peningkatan tersebut ditunjukan dengan nilai hasil tes yang konsisten sejak tes siklus 1 dan tes siklus 2, dengan rata-rata pra tindakan 63,75, postes siklus 1 menjadi 72,77, dan postes siklus 2 menjadi 80,68. Disamping itu, terjadi pula peningkatan sikap dan tingkahlaku demokrasi, yaitu mengakui setiap orang memiliki kebebasan berpendapat, berkelompok, dan berpartisipasi, kesetaraan warga dan jender, menghargai pendapat orang lain,. Jika dilihat dari persentase ketuntasan belajar mahasiswa pada masing-masing siklus, pada pratindakan sebanyak 6 mahasiswa (10 %), siklus 1 sebanyak 54 mahasiswa (90 %), dan siklus 2 sebanyak 58 mahasiswa (96,67 %).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item View Item