Pengaruh Penggunaan LKS berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan

Karsono, Karsono (2014) Pengaruh Penggunaan LKS berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-karsono-12708259001.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan LKS berbasis HOTS terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa Kelas VIII SMP N 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat berupa motivasi belajar IPA dan variabel bebasnya adalah LKS berbasis HOTS. Desain penelitiannya yaitu desain kelompok kontrol nonekuivalen. Subjek penelitian sebanyak 53 siswa yang terbagi dalan dua kelas yaitu 25 kelompok eksperimen dan 28 siswa kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan berupa angket motivasi belajar dan tes hasil belajar IPA. Data motivasi dan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan independent t-test dan multivariat test (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil analisis perbedaan rata-rata motivasi belajar menghasilkan nilai 0,000 (2-tailed) sedangkan prestasi belajar menghasilkan nilai 0,909 (2-tailed) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji multivariat pada Hoteling trace menunjukkan nilai significansi 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan LKS berbasis HOTS berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar tetapi Penggunaan LKS berbasis HOTS tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKS berbasis HOTS, Motivasi dan Hasil Belajar IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12731

Actions (login required)

View Item View Item