Aziza, Irfa Masyiatul (2014) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-irfa-masyiatul-aziza-12708259011.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses yang layak, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui modul pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui modul pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses. Penelitian pengembangan ini dilakukan dalam empat tahapan yaitu : define, design, develop, and disseminate. Subjek coba dalam penelitian ini adalah 43 orang siswa SMP N 2 Mandiraja Banjarnegara dengan perincian sebagai berikut : 12 siswa untuk uji coba terbatas dan 31 siswa untuk uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan lembar validasi berupa lembar angket, dan instrumen pengumpul data berupa lembar observasi, lembar angket motivasi belajar, dan lembar soal hasil belajar kognitif. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif produk modul berupa masukan dan saran dari ahli materi, ahli media, teman sejawat, dan siswa digunakan untuk memperbaiki modul pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk modul pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses dengan konsep Zat Aditif pada Makanan layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA; (2) kualitas modul pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, tampilan, dan kegrafisan memiliki kualitas yang sangat baik dari hasil evaluasi ahli materi, ahli media, guru IPA, teman sejawat serta dari hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan; dan (3) penggunaan modul pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses dalam proses pembelajaran dapat membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa SMP. Proses pembelajaran menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses, secara umum dapat terlaksana dengan baik dilihat dari persentase keterlaksaan pembelajaran dan keterlaksaan keterampilan proses
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul pembelajaran IPA, keterampilan proses IPA, motivasi dan hasil belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:42 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12730 |
Actions (login required)
View Item |