Implementasi Teams Games Tournaments Berbantuan Media untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap terhadap Pembelajaran IPS di SMPN 1 Tempuran, Magelang

Maulida, Eva Fahmadia jilan (2014) Implementasi Teams Games Tournaments Berbantuan Media untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap terhadap Pembelajaran IPS di SMPN 1 Tempuran, Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eva-fahmadia-jilan-maulida-12705259003.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) hasil belajar IPS, dan (2) sikap terhadap pembelajaran IPS di SMPN 1 Tempuran, Magelang dengan Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan media. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Tempuran, Magelang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan bulan September 2013 sampai Oktober 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Observasi dilakukan untuk mengetahui hasil belajar psikomotorik. Kuesioner untuk mengetahui sikap terhadap pembelajaran. Tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan validitas isi yang dianalisis secara rasional oleh professional judgment. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) TGT berbantuan media dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII F SMPN 1 Tempuran, Magelang tahun pelajaran 2013/2014. Rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 78,67 meningkat menjadi 80,17 pada siklus II, dan 80,34 pada siklus III. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 70,00 % meningkat menjadi 86,21 % pada siklus II, dan 86,67 % pada siklus III. Rata-rata hasil belajar psikomotorik pada siklus I sebesar 88,33 meningkat menjadi 88,62 pada siklus II, dan 89,33 pada siklus III. Ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotorik pada siklus I sebesar 80,00 % meningkat menjadi 86,21 % pada siklus II, dan 86,67 % pada siklus III. (2) TGT berbantuan media dapat meningkatkan sikap terhadap pembelajaran IPS kelas VIII F SMPN 1 Tempuran, Magelang tahun pelajaran 2013/2014. Rata-rata pada siklus I sebesar 72,99 (kategori baik) meningkat menjadi 73,85 (kategori baik) pada siklus II, dan 73,96 (kategori baik) pada siklus III. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 90,00 % meningkat menjadi 93,10 % pada siklus II, dan 93,33 % pada siklus III.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournaments, Ilmu Pengetahuan Sosial, media, hasil belajar, sikap
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item