Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP

Prasetio, Imam (2014) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imam-prasetio-12708259004.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan modul pembelajaran berbasis masalah hasil pengembangan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan motivasi belajar peserta didik, (2) menganalisis peningkatan keterampilan proses peserta didik melalui modul pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, dan (3) menganalisis peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui modul pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development, R&D) yang mencakup 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penilaian dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas VII SMP 1 Kajen. Subjek uji coba kelompok kecil adalah 12 peserta didik kelas VIIB. Subjek uji coba lapangan adalah kelas VIIA dengan jumlah 34 orang peserta didik. Validasi dilakukan oleh ahli, teman sejawat, pendidik, dan subjek uji coba. Analisis data penilaian validator dan respon subjek penelitian terhadap modul hasil pengembangan tergolong dalam kriteria sangat baik. Hasil pengujian eksperimen pada uji lapangan membuktikan bahwa modul hasil pengembangan mampu meningkatkan keterampilan proses IPA dan motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan rerata nilai gain keterampilan proses IPA peserta didik yang memperoleh skor 0,56 dengan kriteria sedang dan motivasi belajar peserta didik juga memperoleh skor 0,56 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) modul pembelajaran berbasis masalah layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan motivasi belajar peserta didik SMP, (2) modul pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan keterampilan proses IPA, (3) modul pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Proses IPA, Motivasi Belajar Peserta Didik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12726

Actions (login required)

View Item View Item