Evaluasi Keterlaksanaan Kegiatan Membelajarkan Aspek Penelitian Dalam Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA Negeri Se-Kota Yogyakarta Berdasarkan Lama Mengajar Guru

Nisa, Hikmatul Kholifatun (2014) Evaluasi Keterlaksanaan Kegiatan Membelajarkan Aspek Penelitian Dalam Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA Negeri Se-Kota Yogyakarta Berdasarkan Lama Mengajar Guru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hikmatul-kholifatun-nisa-12708251085.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam: (1) membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) melaksanakan proses pembelajaran, dan (3) membelajarkan sistem pelaporan hasil pembelajaran kimia yang memuat aspek penelitian guru kimia kelas XI SMA Negeri Se-Kota Yogyakarta berdasarkan lama mengajar guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kesenjangan, yaitu dengan membandingkan antara hasil apa yang seharusnya terjadi (standar) dengan apa yang sebenarnya terjadi (performansi) sehingga dapat diketahui ada tidaknya kesenjangan antara keduanya. Tempat penelitian di Kota Yogyakarta, Provinsi D.I. Yogyakarta, yang dilaksanakan pada bulan April – Mei 2014. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kimia SMA Negeri Kelas XI di Kota Yogyakarta. Jumlah subjek penelitian yang dimiliki sebanyak 11 guru dari 11 SMA Negeri, tetapi terdapat 2 guru yang tidak bersedia diambil sebagai subjek penelitian sehingga jumlah subjek penelitian adalah 9 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan observasi. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dan membelajarkan sistem pelaporan hasil pembelajaran kimia berupa laporan yang memuat aspek penelitian. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui Kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan membelajarkan sistem pelaporan hasil pembelajaran kimia berupa presentasi yang memuat aspek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan membelajarkan aspek penelitian pada proses pembelajaran kimia berdasarkan pengkategorian lama mengajar yaitu baru (0 – 5 th), sedang (6 – 10 th), dan lama (> 10 th) diperoleh nilai berturut-turut 1,68 (sangat kurang baik); 0,67 (sangat kurang baik); dan 1,88 (kurang baik) pada skala nilai 5. Dilihat dari masing-masing variabel berdasarkan pengkategorian lama mengajar yaitu baru, sedang, dan lama diperoleh: (1) kemampuan guru dalam membuat RPP bernilai 2,86 (cukup baik); 1,00 (sangat kurang baik); dan 3,42 (baik), (2) kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran bernilai 2,19 (kurang baik); 1,00 (sangat kurang baik), dan 2,22 (kurang baik), (3) kemampuan guru dalam membelajarkan sistem pelaporan hasil pembelajaran bernilai 1,51 (sangat kurang baik); 1,00 (sangat kurang baik); dan 1,53 (sangat kurang baik).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aspek penelitian, lama mengajar guru
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12725

Actions (login required)

View Item View Item