Henny, Henny (2014) Pengembangan LKPD IPA Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kerjasama Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-henny-12708259016.swf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan LKPD IPA Berbasis Lingkungan SMP sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA kelas VII, ditinjau dari aspek materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan kegrafikaan, dan (2) meningkatkan motivasi belajar dan kerjasama peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang mencakup delapan tahap pengembangan yaitu: (1) penelitian pendahuluan dilakukan studi pustaka dan survay lapangan (2) perencanaan yaitu melakukan definisi tujuan dan analisis kurikulum, (3) pengembangan produk yaitu membuat produk, validasi, dan revisi, ( 4) uji coba kelompok kecil dilakukan pada 9 peserta didik, (5) revisi terhadap produk hasil uji coba kelompok kecil, jika nilai standar kelayakan minimal “C” dengan kategori cukup baik maka produk layak digunakan (6) uji coba lapangan pada 32 peserta didik, (7) revisi terhadap produk lapangan, dan (8) diseminasi, dilakukan di sekolah sesama pendidik IPA.Teknik pengambilan data menggunakan lembar angket dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah one way Anova dan paired t test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD IPA berbasis lingkungan yang dihasilkan sangat baik berdasarkan hasil uji lapangan ditinjau dari aspek penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media, guru IPA, dan teman sejawat, secara umum dalam kategori baik ditinjau dari aspek materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan sehingga layak digunakan oleh peserta didik kelas VII. Hasil analisis menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD IPA berbasis lingkungan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik antara ketiga kegiatan dari hasil one way Anova. Berdasarkan hasil paired t test peningkatan motivasi belajar peserta didik berbeda tetapi tidak signifikan. Terdapat peningkatan kerjasama peserta didik dengan menggunakan LKPD IPA Berbasis Lingkungan dengan tema “Air dalam Kehidupan” berdasar hasil one way Anova. Berdasarkan hasil paired t test peningkatan kerjasama peserta didik berbeda tetapi tidak signifikan
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, lingkungan, motivasi belajar, kerjasama |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:42 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12722 |
Actions (login required)
View Item |