Pengaruh Implementasi Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Gambut

Rahmawati, Helda (2014) Pengaruh Implementasi Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Gambut. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-helda-rahmawati-12708251041.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran kimia terhadap: (1) pemahaman konsep peserta didik, (2) kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan (3) pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMAN 1 Gambut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Gambut. Sampel diambil secara acak sebanyak dua kelas, kelas XF diberikan perlakuan pembelajaran secara konvensional dan kelas XH diberikan perlakuan pembelajaran dengan model PBL berbasis kearifan lokal. Variabel dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu variabel dependent berupa model PBL berbasis kearifan lokal, dan variabel independent berupa pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep berupa pilihan ganda dan soal tes keterampilan berpikir kritis berupa uraian. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbasis kearifan lokal terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis, data dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan program SPSS 16.0 for Windows, kemudian dilanjutkan dengan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran kimia meningkatkan: (1) pemahaman konsep peserta didik secara signifikan, (2) kemampuan berpikir kritis peserta didik secara signifikan, dan (3) pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMAN 1 Gambut secara signifikan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model PBL Berbasis Kearifan Lokal, Pemahaman Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12721

Actions (login required)

View Item View Item