PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PRAKTEK KERJA KAYU MAHASISWA MELALUI MEKANISME PENILAIAN INDIVIDUAL

Sugestiyadi, Bambang (2007) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PRAKTEK KERJA KAYU MAHASISWA MELALUI MEKANISME PENILAIAN INDIVIDUAL. UNY.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN_PRESTASI_BELAJAR_PRAKTEK_KERJA_KAYU_MAHASISWA_MELALUI_MEKANISME_PENILAIAN_INDIVIDU.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Praktek Kerja Kayu , Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan , Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta . Penelitian ini bertujuan untuk menemukan mekanisme penilaaian praktek kerja kayu kelompok yang mampu membedakan antara mahasiswa yang terampil dan kurang trampil, sehingga dapat menumbuhkan motivasi berprestasi serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan jenis Participatory Action Research (PAR). Dengan langkah penelitian, perencanaan tindakan, penerapan tindakan, monitoring, refleksi, dan revisi. Sample penelitian adalah semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah Praktek Kerja Kayu III sebanyak 42 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara , observasi / pengamatan, pemberian tugas dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik diskriptip. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan pengetrapan penilaian individual diperoleh temuan sebagai berikut : a) Ternyata tingkat motivasi berprestasi mahasiswa cukup tinggi, b) Dapat mebedakan tentang tingkat ketrampilan masing-masing mahasiswa dalam satu kelompok kerja maupun antar kelompok kelompok kerja, c) Dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa dengan nilai A = 20 mahasiswa atau 47,62%, Nilai B= 19 mahasiswa atau 45,2% dan nilai C= 3 mahasiswa atau 7,14% Kata Kunci : Praktek Kayu-Penilaian Individual – Prestasi

Item Type: Other
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2012 06:23
Last Modified: 29 Jun 2012 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item