Pengembangan Model Pembelajaran Hypnoteaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA/MA

Jayawardana, HBA (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Hypnoteaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-h-b-a-Jayawardana-12708251036.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) validitas model pembelajaran hypnoteaching beserta perangkat pembelajarannya; (2) pengaruh model pembelajaran hypnoteaching terhadap peningkatan motivasi belajar siswa; dan (3) pengaruh model pembelajaran hypnoteaching terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA/MA. Produk yang dikembangkan berupa model pembelajaran hypnoteaching disertai dengan perangkat pembelajarannya meliputi RPP, LKS, angket motivasi belajar biologi, dan soal tes hasil belajar kognitif siswa. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada langkah-langkah model prosedural yang diadaptasi dari Model Borg & Gall yang meliputi studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan dan perancangan, penyusunan draf model pembelajaran dan validasi, uji coba terbatas dan revisi, uji coba diperluas dan penyempurnaan produk, serta diseminasi dan implementasi produk. Validasi produk dilakukan oleh tiga dosen ahli, tiga guru biologi SMA (SMAN 1 Banguntapan, SMAN 2 Banguntapan, dan MAN Yogyakarta III), dan tiga teman sejawat. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas XI IPA3 SMAN 1 Banguntapan dengan dua tahap meliputi uji coba satu-satu dan uji kelompok kecil. Uji coba diperluas dilaksanakan di SMAN 2 Banguntapan dengan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol, dan di MAN Yogyakarta III dengan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji multivariat (MANOVA). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Model pembelajaran hypnoteaching beserta perangkatnya, secara empiris valid dan reliabel dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Model pembelajaran hypnoteaching mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 2 Banguntapan dan MAN Yogyakarta III, hal ini dibuktikan dengan uji MANOVA yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) = 0,000 dengan taraf kepercayaan 95%. (3) Model pembelajaran hypnoteaching mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 2 Banguntapan dan MAN Yogyakarta III, hal ini dibuktikan dengan uji MANOVA yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) = 0,000 dengan taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, hypnoteaching, motivasi belajar, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12718

Actions (login required)

View Item View Item