Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Sejarah Di SMA Negeri Kabupaten Temanggung

Rahmawati, Fatimah Nur (2014) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Sejarah Di SMA Negeri Kabupaten Temanggung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fatimah-nur-rakhmawati-12705251008.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran TPS dan NHT, terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah, (2) pengaruh model TPS dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelompok motivasi tinggi, dibangdingkan model NHT, (3) pengaruh model TPS dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelompok motivasi rendah, dibangdingkan model NHT, dan (4) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Temanggung. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Parakan berjumlah 32 peserta didik, dan peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Candiroto berjumlah 30 peserta didik. Teknik penganbilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner untuk menjaring motivasi belajar dan tes untuk mengukur hasil belajar sejarah peserta didik. Instrument penelitian divalidasi secara logis dan empiris. Validitas logis dilakukan dengan meminta pertimbangan ahli (expert jugement). Validitas empiris untuk tes hasil belajar dianalisis dengan rumus point biserial, sedangkan untuk validitas Kuesioner motivasi belajar dianalisis dengan rumus korelasi product moment. Analisis data dilakukan dengan teknik Anava dua jalur pada taraf signifikansi sebesar α= 0.05. Hasil penelitian membuktikan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model TPS dan NHT terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah, dengan F = 5.801 dan p= 0.019 < 0.05, (2) model TPS tidak berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelompok motivasi tinggi, dibandingkan dengan model NHT, dengan F= 0.127 dan p= 0.724> 0.05, (3) model TPS berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelompok motivasi rendah, dibandingkan dengan model NHT, dengan F= 12.418 dan p= 0.002< 0.05, dan (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah, dengan F= 6.361 dan (p= 0.014< 0.05). Dengan demikian, model TPS lebih cocok diterapkan pada peserta didik dengan motivasi rendah dan model NHT lebih cocok diterapkan pada peserta didik dengan motivasi tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model TPS, Model NHT, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 13 Apr 2016 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12714

Actions (login required)

View Item View Item