Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Sosial Siswa MTs Negeri 1 Masbagik, Lombok Timur, NTB, Tahun Pelajaran 2014/2015

Haliliah, Haliliah (2014) Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Sosial Siswa MTs Negeri 1 Masbagik, Lombok Timur, NTB, Tahun Pelajaran 2014/2015. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-haliliah-12705251003.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: Keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dibandingkan dengan metode caramah dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial di MTs Negeri Masbagik, Lombok Timur, NTB, Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Masbagik. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling dengan 2 langkah: 1) memilih secara acak dua kelas dari lima kelas yang ada, dan 2) memilih satu kelas di antara kelas tersebut secara acak untuk diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode ceramah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket untuk angket keterampilan sosial dengan koefisien reliabilitasnya 0,931 dan tes untuk hasil belajar kognitif dengan koefisien reliabilitasnya 0,729. Data dianalisis secara multivariat (Hotelling’s Tramce) dengan taraf signifikansi α=0,05 untuk pengujian kesamaan rata-rata kelompok dan ditindak lanjuti dengan analisis uji t univariat pada taraf signifikansi α=0,05 untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar kognitif siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah (80,39 > 68,70, dan thitung = 2,183 > ttabel = 2,03), dan 2) keterampilan sosial siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah (66,88 > 59,13, dan thitung = 2,385 > ttabel = 2,03). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berpusat pada siswa lebih efektif dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial siswa MTs Negeri Masbagik, Lombok Timur, NTB, Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki empat unsur penting untuk peningkatan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial siswa, yaitu 1) Penyampaian materi pelajaran oleh guru secara singkat, 2) Kerja kelompok dalam kelompok-kelompok kecil untuk melatih keterampilan sosial, 3) Presentasi yang dilakukan oleh beberapa siswa secara bergiliran, 4) diberikannya kuis yang dijadikan dasar untuk pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar kognitif, keterampilan sosial siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12713

Actions (login required)

View Item View Item