Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif metode Problem Solving dan Tipe Team-Assisted Individualization untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS

Khairunnisa, Iin (2014) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif metode Problem Solving dan Tipe Team-Assisted Individualization untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-iin-khairunnisa-12705251002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Keefektifan model pembelajaran kooperatif metode Problem Solving dan tipe Team-Assisted Individualization dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS, dan 2) Perbedaan keefektifan pembelajaran kooperatif metode Problem Solving dan tipe Team- Assisted Individualization dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun pelajaran 2013-2014 yang terbagi menjadi 12 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas tiga kelas yaitu dua kelas untuk kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan test dan tugas. Penentuan keefektifan kedua model tersebut diuji dengan Anava satu jalur. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Model pembelajaran kooperatif metode Problem Solving dan tipe Team-Assisted Individualization efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. 2) Model pembelajaran kooperatif tipe Team-Assisted Individualization lebih efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dibandingkan dengan metode Problem Solving, sedangkan metode Problem Solving lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan tipe Team-Assisted Individualization.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penelitian eksperimen, problem solving, team-assisted individualization , minat belajar dan hasil belajar.
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12712

Actions (login required)

View Item View Item