Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Implementasi CTL dengan Metode Group Investigation Berbantuan Media di SMP Negeri 6 Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara

Jamrut, Jamrut (2014) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Implementasi CTL dengan Metode Group Investigation Berbantuan Media di SMP Negeri 6 Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-jamrut.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa di kelas VIII-1, karena guru selalu menerapkan model pembelajaran konvensional dan tidak kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengimplementasikan CTL dengan metode Group Investigation (GI) berbantuan media, dan (2) meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 6 Raha, Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 6 Raha, Kabupaten Muna, tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan nilai rata-rata untuk membandingkan kemajuan antar siklus. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan validitas isi yang dianalisis secara rasional menurut expert judgment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi CTL dengan metode GI berbantuan media meningkatan hasil belajar kognitif. Pada siklus I sebesar 69,33 atau mengalami ketuntasan belajar sebesar 60%, menjadi 78,86 atau mengalami ketuntasan belajar sebesar 90% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12708

Actions (login required)

View Item View Item