Jamrut, Jamrut (2014) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Implementasi CTL dengan Metode Group Investigation Berbantuan Media di SMP Negeri 6 Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. S2 thesis, UNY.
|
Text
abstrak-jamrut.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa di kelas VIII-1, karena guru selalu menerapkan model pembelajaran konvensional dan tidak kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengimplementasikan CTL dengan metode Group Investigation (GI) berbantuan media, dan (2) meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 6 Raha, Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 6 Raha, Kabupaten Muna, tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan nilai rata-rata untuk membandingkan kemajuan antar siklus. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan validitas isi yang dianalisis secara rasional menurut expert judgment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi CTL dengan metode GI berbantuan media meningkatan hasil belajar kognitif. Pada siklus I sebesar 69,33 atau mengalami ketuntasan belajar sebesar 60%, menjadi 78,86 atau mengalami ketuntasan belajar sebesar 90% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:42 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12708 |
Actions (login required)
View Item |