Pengembangan Flashcard dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Proses Sains dan Daya Retensi Peserta Didik pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur di Kelas X SMA N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta

Sriwahyuni, Elsa (2014) Pengembangan Flashcard dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Proses Sains dan Daya Retensi Peserta Didik pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur di Kelas X SMA N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-elsa-sriwahyuni-11708251050.swf

Download (39MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kualitas flashcard dari aspek kegrafikaan, fungsi flashcard sebagai media pembelajaran, dan aspek penyajian, 2) mengetahui perbedaan keterampilan proses sains untuk aspek ketrampilan mengobservasi dan menafsirkan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, dan 3) mengetahui perbedaan daya retensi antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model Borg & Gall. Penelitian ini mengambil 7 dari 10 langkah pengembangan Borg & Gall dan diadaptasi sesuai kebutuhan penelitian, yaitu 1) Penelitian Pendahuluan dan Pengumpulan Informasi, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan bentuk produk persiapan, 4) Uji coba lapangan tahap persiapan, 5) Revisi produk utama, 6) Uji coba lapangan tahap utama, dan 7) Revisi produk operasional. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta pada tahun ajaran 2013/2014. Desain uji coba lapangan tahap utama yang digunakan adalah posttest-only group design dengan subjek 59 peserta didik kelas X. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari pedoman wawancara, lembar angket, soal tes objektif dan essay. Pedoman wawancara dan lembar angket digunakan sebagai instrumen pengembangan flashcard pada penelitian pendahuluan dan penilaian kelayakan, soal tes objektif digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains, dan soal tes essay digunakan untuk mengetahui daya retensi. Analisis data yang digunakan untuk pengembangan media dan daya retensi adalah statistik deskriptif dalam bentuk tabel dan grafik, sedangkan analisis data untuk keterampilan proses sains adalah statistik inferensial yaitu uji-t. Penelitian ini menghasilkan 1) flashcard yang sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran pada pokok bahasan Sistem Periodik Unsur di kelas X ditinjau dari aspek kegrafikaan, fungsi flashcard sebagai media pembelajaran, dan aspek penyajian, 2) ada perbedaan yang signifikan untuk keterampilan proses sains peserta didik pada aspek keterampilan mengobservasi dan menafsirkan antara kelas yang menggunakan flashcard (kelas eksperimen) dengan kelas yang tidak menggunakan flashcard (kelas kontrol); 3) ada perbedaan yang signifikan untuk daya retensi peserta didik pada pokok bahasan sistem periodik unsur antara kelas yang menggunakan flashcard (kelas eksperimen) dengan kelas yang tidak menggunakan flashcard (kelas kontrol).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan flashcard, keterampilan proses sains, daya retensi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12699

Actions (login required)

View Item View Item