Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika pada Pokok Bahasan Alat Optik

Trisnowati, Eli (2014) Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika pada Pokok Bahasan Alat Optik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eli-trisnowati-12708251031.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan problem solving yang dikembangkan dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa serta pemahaman konsep fisika dengan mengimplementasikan LKS tersebut. Penelitian ini merupakan research & development yang menerapkan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini dibatasi pada tujuh langkah, meliputi: (1) melakukan pengumpulan informasi; (2) melakukan perencanaan; (3) mengembangkan bentuk produk awal; (4) melakukan uji coba lapangan permulaan; (5) melakukan revisi terhadap produk utama; (6) melakukan uji coba lapangan utama; dan (7) melakukan revisi produk operasional. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas X dan XI MAN Yogyakarta III. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observasi, lembar penilaian LKS, dan tes tertulis. Hasil lembar validasi dan lembar penilaian LKS dikonversi menggunakan skala 4 menurut standar Depdiknas. Hasil tes tertulis yang diperoleh kemudian dihitung nilai gain standar menurut Hake. Hasil penelitian ini berupa produk LKS dengan pendekatan problem solving pada pokok bahasan alat optik kelas X SMA/MA. Penilaian LKS oleh ahli, guru, teman sejawat, dan siswa berada pada kategori sangat baik untuk aspek didaktik, aspek konstruksi, maupun aspek teknis. Pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dengan pendekatan problem solving (kelas treatment) berbeda dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan LKS dengan pendekatan problem solving (kelas kontrol). Rata-rata nilai gain standar tes pemahaman konsep siswa pada kelas treatment sebesar 0,66, sedangkan rata-rata nilai gain standar tes pemahaman konsep siswa pada kelas kontrol sebesar 0,35. Rata-rata nilai gain standar tes keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas treatment sebesar 0,62, sedangkan rata-rata nilai gain standar tes keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol sebesar 0,26.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan problem solving, keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep fisika, alat optik.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12697

Actions (login required)

View Item View Item