Penyusunan LKPD Berpendekatan SETS Berbantuan Video Pembelajaran pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA

Trisnawati, Eka (2014) Penyusunan LKPD Berpendekatan SETS Berbantuan Video Pembelajaran pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-trisnawati-11708251049.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menyusun LKPD berpendekatan SETS dengan bantuan video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan SMA; 2) mengetahui kualitas LKPD berpendekatan SETS dengan bantuan video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan SMA berdasarkan penilaian ahli pembelajaran, ahli materi, guru biologi, dan peserta didik; dan 3) mengetahui pengaruh LKPD berpendekatan SETS dengan bantuan video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan SMA terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini terdiri dari tahap need assessment, tahap penyusunan produk dan tahap uji coba produk. Tahap need assessment menggunakan jenis penelitian survei sedangkan untuk tahap uji coba produk menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment. Teknik pengambilan sampel pada penelitian survei menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu 3 ketua MGMP dan 5 guru biologi kab/kota di Provinsi Yogyakarta, sedangkan untuk penelitian quasi experiment dipilih dengan Simple Random Sampling yaitu kelas XB dan XC SMA N 1 Ngemplak. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur pengaruh LKPD terhadap kemampua berpikir kritis. Non tes digunakan untuk mengetahui Need Assesment dan menilai LKPD berpendekatan SETS dengan bantuan video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan. Hasil penelitian yaitu: 1) dihasilkan LKPD berpendekatan SETS dengan bantuan video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan yaitu terdiri dari sampul, kata pengantar, pendahuluan, sub materi (judul sub materi, tujuan pembelajaran, ringkasan materi, tugas dan langkah kerja, informasi tambahan, kesimpulan), daftar pustaka, dan sumber video. Isi LKPD dan video pembelajaran menghubungkan permasalahan pencemaran lingkungan dan cara mengatasinya dalam konteks Science, Environment, Teknologi dan Society; 2) Penilaian ahli pembelajaran, ahli materi, dan guru biologi menyatakan bahwa LKPD berpendekatan SETS dengan bantuan video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan SMA memiliki kualitas “Baik” serta layak digunakan dalam pembelajaran materi pencemaran lingkungan; 3) LKPD berpendekatan SETS dengan bantuan video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penyusunan, LKPD, SETS, video pembelajaran, pencemaran lingkungan, berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12696

Actions (login required)

View Item View Item