UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN PROSES

Nurhidayah, S. Pd. (2006) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN PROSES. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Nurhidayah.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis resensi ditinjauk dari aspek kebahasaan, penalaran, maupun muatan isisnya dan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis resensi. Penelitian ini dil;aksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Kedua siklus tersebut dilaksanakan pada jam perkuliahan Menulis Karya Ilmiah yaitu sejak bulan Maret s.d. Juli 2006. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2004/2005 kelas A yang berjumlah 17 mahasiswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman penilaian, pedoman penyekoran, angket, dan lembar observasi. Dengan teknik partisipasi kolaboratif, peneliti melakukan perencanaan, implementasi tindakan, pemantauan, dan evaluasi secara spiral berkelanjutan. Refleksi tindakan digunakan sebagai bekal pemberian tindakan yang dilakukan peneliti pada siklus berikutnya. Validitas penelitian tindakan dalam penelitian ini dicapai dengan trianggulasi. Adapun untuk mencapai reliabilitas penelitian ini, penggunaan alat evaluasi dilengkapi dengan pedoman penilaian dan pedoman penyekoran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketika keterampilan menulis resensi mahasiswa sudah meningkat yang ditandai dengan peningkatan nilai akhir untuk tugas resensi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebelum diberi tindakan rata-rata nilai adalah 59,00, nilai tertinggi 76 dan nilai terendah 24. Setelah diberi tindakan, yaitu pada siklus pertama, rata-rata nilai 76,69, nilai tertinggi 88, dan nilai terendah 44. Setelah diberi tindakan kedua, rata-rata nilai untuk resensi mahasiswa adalah 83,88, nilai tertinggi 94, dan nilai terendah 65. Hal itu menunjukkkan bahwa keterampilan menulis resensi mahasiswa telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan antara sebelum diberi tundakan dan sesudah diberi tindakan. Hal itu berarti bahwa penggunaan pendekatan proses pada siklus pertama dan kedua cukup memberikan peningkatan terhadap keterampilan menulis resensi mahasiswa. Sementara itu, berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui pula bahwa dengan penerapan pendekatan proses, mahasiswa lebih antusias bertanya kepada dosen kepada teman dan tampak bersedia memberi atau menerima masukan dari temannya. Hal ini juga menunjukkan juga bahwa pendekatan proses mampu meningkatkan proses pembelajaran menulis resensi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan proses mampu meningkatkan keterampilan menulis resensi mahasiswa serta mampu meningkatkan proses belajar mengajar menulis karya ilmiah khususnya resensi. Kata kunci: menulis, resensi, pendekatan proses FBS, 2006 (PEND. BHS & SASTRA INDONESIA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
LPPM
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 29 Jun 2012 06:26
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item