Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Menanamkan Kesadaran Lingkungan bagi Siswa SMP

Firmantika, Lusty (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Menanamkan Kesadaran Lingkungan bagi Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lusty-firmantika-11705251007.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer untuk menanamkan kesadaran lingkungan bagi siswa SMP; 2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek pembelajaran, isi, tampilan dan pemrograman; 3) mengetahui tingkat kesadaran lingkungan siswa yang dikembangkan melalui media pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Tahapan penelitian ini meliputi identifikasi tujuan pembelajaran, analisis kebutuhan, desain pengembangan, produk awal, validasi/evaluasi produk, dan produk akhir. Proses validasi melalui ahli materi, ahli media, dan penilaian siswa. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 114 orang yang terdiri atas 3 orang siswa untuk uji coba satu-satu, 30 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 81 orang siswa untuk uji coba lapangan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar validasi dan angket kesadaran kungan siswa. Selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan hasilnya dinyatakan dengan angka berskala 1-100. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Media pembelajaran berbantuan komputer untuk menanamkan kesadaran lingkungan bagi siswa SMP dikembangkan melalui enam langkah yaitu identifikasi tujuan pembelajaran, analisis kebutuhan, desain pengembangan, produk awal, validasi/evaluasi, dan produk akhir. Media ini merupakan hasil kombinasi teks, gambar, animasi, audio dan video yang didukung pemilihan warna yang menarik. Isi media ini berupa petunjuk, SK/KD, pengertian, bentuk, dampak, solusi, profil dan referensi. 2) Media pembelajaran berbantuan komputer untuk menanamkan kesadaran lingkungan bagi siswa SMP dinilai layak berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, one-to-one evaluation, small group evaluation dan field trial yang menyatakan aspek pembelajaran, aspek isi, aspek tampilan dan aspek pemrograman masuk ke dalam kriteria sangat baik dan baik. 3) Hasil angket pada field trial menunjukkan bahwa faktor pengetahuan, faktor kesejahteraan hidup, faktor kemanusiaan, dan faktor gaya hidup yang dimiliki siswa masuk ke dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan tingkat kesadaran lingkungan yang dimiliki siswa tinggi. Namun, ada beberapa bagian aspek yang perlu ditambahkan dalam media dan ditekankan pada saat pembelajaran yaitu hal-hal yang terkait dengan tindakan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran berbantuan komputer, kesadaran lingkungan
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 18 Apr 2016 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12685

Actions (login required)

View Item View Item