Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah

Sobri, Muhammad (2014) Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-sobri-12705251021.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Desain penelitian ini adalah expost facto dengan jenis penelitian assosiatif. Populasi penelitian ini meliputi 12 Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya berjumlah 600 siswa. Sampel ditetapkan dengan teknik Issac & Michael dan ditemukan 221 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ketuntasan belajar siswa jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya sebesar 90,05%; (2) kedisiplinan belajar siswa jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya tergolong rendah dengan rata-rata 44,39; (3) kemandirian belajar siswa jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya tergolong rendah dengan rata-rata 55,23; (4) kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya (t =5,22; α=0,00), dengan koefisien determinasi sebesar 28,1%; (5) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya (t = 2,36; α=0,02), dengan koefisien determinasi sebesar 21,2%; dan (6) kedisiplinan dan kemandirian belajar secara bersamaan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya (F =47,21; α=0,00), dengan koefisien determinasi sebesar 29,6%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12682

Actions (login required)

View Item View Item