Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Stimulan Gambar Di SMP Negeri 1 Tepus Gunungkidul

Nurwantono, Nurwantono (2014) Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Stimulan Gambar Di SMP Negeri 1 Tepus Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurwantono-12705259005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran, (2) meningkatkan aktivitas peserta didik, (3) meningkatkan sikap sosial peserta didik, (4) meningkatkan hasil belajar IPS perserta didik melalui penerapan model pembejararan berbasis masalah berbantuan media stimulan gambar di SMP Negeri 1 Tepus Gunungkidul Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIC semester 1 tahun 2013 di SMP Negeri 1 Tepus Gunungkidul. Jenis tindakan yang dilakukan adalah pembelajaran IPS dengan model pembelajaran berbasis masalah dibantu dengan penggunaan media stimulan gambar. Penelitian ini terlaksana dalam tiga siklus: siklus kesatu 2 kali pertemuan, siklus kedua 2 kali pertemuan dan siklus ketiga 1kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru IPS di sekolah tersebut dan bertindak sebagai observer dan peneliti sebagai pelaksana tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik desktiptif dengan membandingkan hasil belajar peserta didik sebelum tindakan dan setelah tindakan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terjadi peningkatan kualitas pelaksanaan pembelajaran IPS, dari kondisi awal yang belum baik, meningkat pada akhir siklus 1 menjadi baik, pada akhir siklus kedua meningkat menjadi lebih baik, dan pada akhir siklus ketiga meningkat lagi menjadi amat baik. (2) Terjadi peningkatan aktivitas peserta didik dari skor kondisi awal 11,67; terjadi peningkatan pada akhir siklus kesatu menjadi 14,17; pada akhir siklus kedua meningkat menjadi 18,80; dan pada akhir siklus meningkat lagi ketiga menjadi 20,03. (3) Terjadi peningkatan sikap sosial peserta didik, pada kondisi awal dengan rata-rata skor 26,86; pada akhir tindakan meningkat menjadi 33,90. Minat peserta didik pada kondisi awal dengan rata-rata skor 39,63; meningkat menjadi 42,67 pada akhir tindakan. (4) Terjadi peningkatan hasil belajar IPS peserta didik pada kondisi awal rata-rata skor hasil belajar IPS 65,50 dengan ketuntasan klasikal 50%, pada akhir siklus kesatu meningkat menjadi 73,50 dengan ketuntasan klasikal 70%, pada akhir siklus kedua meningkat lagi menjadi 76,17 dengan ketuntasan klasikal 76,67 %, dan pada akhir siklus ketiga meningkat lagi menjadi 80,00 dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Dengan demikian penerapan model problem based learning berbantuan media stimulan gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara komprehensif

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembejararan berbasis masalah, media stimulan gambar, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 13 Apr 2016 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12681

Actions (login required)

View Item View Item