Studi Komparasi Pembelajaran Inkuiri dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pencapaian Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Kristyaningrum, Dwi Hesty (2014) Studi Komparasi Pembelajaran Inkuiri dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pencapaian Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemecahan Masalah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-hesty-kristyaningrum-12708251047.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains peserta didik yang menggunakan pembelajaran inkuiri dan pembelajaran berbasis masalah, (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah, (3) perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang menggunakan pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah, (4) pembelajaran yang lebih baik untuk ketercapaian keterampilan proses sains, (5) pembelajaran yang lebih baik untuk ketercapaian pemecahan masalah, dan (6) korelasi antara keterampilan proses sains dan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan pembelajaran inkuiri dan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan The StaticGroup Pretest-PostestDesign. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 15 Yogyakarta yang terdiri dari enam kelas.Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster random sampling, sehingga didapatkan 2 kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas 7B sebagai kelas dengan pembelajaran berbasis masalah, dan kelas 7C sebagai kelas dengan pembelajaran inkuiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes.Teknik tes digunakan untuk mengungkap pencapaian Keterampilan Proses Sains dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengungkap pencapaian Keterampilan Proses Sains peserta didik melalui observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji multivarat yang dilanjutkan dengan uji univariat menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses peserta didik yang menggunakan pembelajaran inkuiri dan pembelajaran berbasis masalah, (2) tidak terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang menggunakan pembelajaran inkuiri dan pembelajaran berbasis masalah, (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran inkuiri dan pembelajaran berbasis masalah, (4) keterampilan proses sains peserta didik yang menggunakan pembelajaran inkuiri sama dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah, (5) pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari peserta didik yang menggunakan pembelajaran inkuiri, dan (6) tidak terdapat korelasi antara variabel keterampilan proses dan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran berbasis masalah, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12677

Actions (login required)

View Item View Item