Perbedaan Penguasaan Konsep Fisika antara Peserta Didik yang Diajarkan melalui Pembelajaan Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dan Pembelajaran Berbasis Eksperimen Laboratorium

Nggadas, Drikben Eka Putra (2014) Perbedaan Penguasaan Konsep Fisika antara Peserta Didik yang Diajarkan melalui Pembelajaan Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dan Pembelajaran Berbasis Eksperimen Laboratorium. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-drikben-eka-putra-nggadas-11708251056.swf

Download (5MB)

Abstract

Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya penguasaan konsep fisika peserta didik. Fenomena empiris di Kota Kupang Provinsi Nusa Tengara Timur menunjukan bahwa rendahnya penguasaan konsep fisika peserta didik mungkin disebabkan oleh belum maksimalnya penggunaan laboratorium dan kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan penguasaan konsep fisika antara peserta didik yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi dan peserta didik yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis eksperimen laboratorium. Populasi penelitian adalah kelas X SMA Negeri 4 Kupang, yaitu pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi-experiment dengan desain pretest-posttest with nonequivalent group terhadap dua kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi dan pembelajaran berbasis eksperimen laboratorium dan satu kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan dianalisis menggunakan uji independent t sampel dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan rerata penguasaan konsep fisika antara peserta didik yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi dan peserta didik yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis eksperimen laboratorium. Rerata penguasaan konsep fisika peserta didik yang diajarkan melalui pembelajara berbasis teknologi informasi komunikasi lebih tinggi dibandingakan dengan peserta didik yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis eksperimen laboratorium

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penguasaan konsep, pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi, Pembelajaran berbasis eksperimen laboratorium
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12674

Actions (login required)

View Item View Item