Studi Ketercapaian Guru Kimia SMA Lulusan UNY Terhadap Rumusan LO KKNI Level 6 dan Kemampuannya dalam Mengembangkan Soal UAS Berbasis HOTS

Iskandar, Dodi (2014) Studi Ketercapaian Guru Kimia SMA Lulusan UNY Terhadap Rumusan LO KKNI Level 6 dan Kemampuannya dalam Mengembangkan Soal UAS Berbasis HOTS. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dodi-iskandar-12708251002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ketercapaian guru kimia SMA lulusan Prodi Pendidikan Kimia UNY terhadap rumusan LO KKNI Level 6 ditinjau dari kualitas penyusunan silabus, RPP, LKPD, bahan ajar, dan penilaian; kemampuan menciptakan alat sederhana; keikutsertaan workshop/seminar; kemampuan menerapkan metode penelitian, kemampuan memanfaatkan TIK; kemampuan memanfaatkan lab/kit pembelajaran; dan kemampuan menampilkan kompetensi pedagogi (2) mengetahui kemampuan guru kimia SMA lulusan Prodi Pendidikan Kimia UNY dalam mengembangkan soal UAS berbasis HOTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Jumlah responden yang diambil yaitu 20 guru kimia, 20 kepsek/wakakurikulum, 20 guru sejawat, dan 20 peserta didik. Metode yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang dipakai yaitu check list dokumentasi, check list observasi, dan panduan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu : (1) ketercapaian guru kimia terhadap LO KKNI level 6 yaitu : (a) ketercapaian guru kimia berdasarkan penilaian dengan metode dokumentasi secara umum diperoleh dengan kategori baik sebanyak 60% dan kategori kurang baik sebanyak 40%, (b) ketercapaian guru kimia berdasarkan penilaian dengan metode observasi, diantaranya : (i) kemampuan dalam memanfaatkan TIK diperoleh dengan kategori sangat baik, baik, kurang baik dan tidak baik seacara beurutan yaitu 25%, 50%, 15% dan 10%, (ii) kemampuan menciptakan alat sederhana untuk kelancaran pembelajaran kimia diperoleh dengan kategori baik dan tidak baik secara berurutan yaitu 10% dan 90%, (iii) kemampuan dalam memanfaatkan peralatan laboratorium/kit pembelajaran diperoleh dengan kategori baik, kurang baik, dan tidak baik sebesar 55%, 5%, 40%, dan (iv) kemampuan guru kimia dalam menampilkan kompetensi pedagogi sebesar 100%; (2) kemampuan dalam mengembangkan soal berbasis HOTS sebesar 13,9% (C4 13,2%; C5 0,7% dan C6 0,0%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Guru kimia, KKNI Level 6, higher order thinking skills.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12672

Actions (login required)

View Item View Item