Keterlaksanaan Kegiatan Membelajarkan Aspek Penelitian dalam Pembelajaran Biologi SMA Negeri Kelas X di Kota Yogyakarta berdasarkan Latar Belakang Akademik Guru

Aquina, Desi (2014) Keterlaksanaan Kegiatan Membelajarkan Aspek Penelitian dalam Pembelajaran Biologi SMA Negeri Kelas X di Kota Yogyakarta berdasarkan Latar Belakang Akademik Guru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-desy-aquina-12708251076.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sejauh mana keterlaksanaan kegiatan membelajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran Biologi Kelas X SMA negeri se-Kota Yogyakarta ditinjau dari persepsi guru, persepsi siswa, penilaian dokumen, dan hasil observasi dan (2) apakah keterlaksanaan kegiatan membelajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran Biologi Kelas X SMA negeri se-Kota Yogyakarta bergantung pada latar belakang akademik guru ditinjau dari persepsi guru, persepsi siswa, penilaian dokumen, dan hasil observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model Discrepancy. Subjek penelitian ini adalah guru Biologi Kelas X SMA negeri se-Kota Yogyakarta yang bersedia menjadi subjek penelitian dengan jumlah 8 orang (purposive sample) dan 270 siswa Kelas X yang diambil secara acak, satu sekolah diambil satu kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan model triangulasi yaitu kuesioner, penilaian dokumen, dan observasi. Teknik kuesioner dalam bentuk angket digunakan untuk mengungkap latar belakang akademik guru, sedangkan teknik kuesioner dalam bentuk skala yang diberikan kepada siswa dan guru digunakan untuk mengungkap keterlaksanaan kegiatan membelajarkan aspek penelitian. Teknik penilaian dokumen digunakan untuk menilai RPP yang dibuat guru dalam memuat aspek penelitian. Teknik observasi digunakan untuk melihat secara langsung pembelajaran di kelas atau dilaboratorium yang menunjukkan keterlaksanaan dan kecocokan antara RPP dengan pembelajaran yang dilaksanakan dalam memuat aspek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ditinjau dari persepsi guru, persepsi siswa, penilaian dokumen, dan hasil observasi diketahui bahwa kegiatan membelajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran Biologi Kelas X SMA negeri se-Kota Yogyakarta masuk dalam kriteria Hampir Selalu dilakukan (HS) dan Sering dilakukan (S) dan (2) ditinjau dari persepsi guru, persepsi siswa, penilaian dokumen, dan hasil observasi diketahui bahwa keterlaksanaan kegiatan membelajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran Biologi Kelas X SMA negeri se-Kota Yogyakarta bergantung pada latar belakang akademik guru baik dalam kategori jenjang pendidikan maupun keikutsertaan diklat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterlaksanaan, aspek penelitian, latar belakang akademik guru
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12668

Actions (login required)

View Item View Item