Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas X SMA N 1 GODEAN

Rahmawati, Ria (2014) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas X SMA N 1 GODEAN. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ria-rahmawati- 12705251001.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar berbasis problem based learning meningkatkan keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Keterampilan sosial dalam penelitian ini meliputi aspek bekerjasama, komunikasi, dan tanggungjawab sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan pengembangan yang mengadaptasi model Dick&Carey. Validasi dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Uji coba dilakukan 2 tahap, yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Metode pengumpulan data meliputi angket, observasi dan tes. Untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dilakukan pembelajaran kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji MANOVA. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning ditinjau dari materi dalam kategori sangat baik dengan skor 4,21 dan 4,78 sedangkan ditinjau dari media dalam kategori sangat baik yaitu 4,21 dan kategori baik yaitu 3,92. Pembelajaran ekonomi dengan bahan ajar berbasis problem based learning secara bersama-sama menunjukkan perbedaan keterampilan sosial dan prestasi belajar dari pembelajaran biasa, pada uji MANOVA Sig.0,000 ≤ 0,05. Uji MANOVA Tests of Between-Subjects Effects pada keterampilan sosial kerjasama menunjukkan sig. 0,030≤ 0,05, keterampilan sosial komunikasi sig. 0,003 ≤ 0,05 dan keterampilan sosial tanggungjawab sosial sig. 0,000 ≤ 0,05 hal tersebut menunjukkan kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan terhadap keterampilan sosial. Bahan ajar berbasis problem based learning dapat meningkatkan keterampilan sosial. Hasil presentase rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen pada aspek kerjasama meningkat 6,5% dan kelas kontrol 5,4%. Pada aspek komunikasi kelas eksperimen meningkat 5% dan kelas kontrol 2,27%. Pada aspek tanggungjawab sosial kelas eksperimen meningkat 6,7% dan kelas kontrol 3,27%, sehingga keterampilan sosial kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar berbasis problem based learning, keterampilan sosial
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12667

Actions (login required)

View Item View Item