Penyusunan Panduan Pembelajaran melalui Edutourism Hutan Wisata Tlogo Nirmolo Guna Memunculkan Perilaku Komunikatif, Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan dan Mengoptimalkan Pemahaman Keanekaragaman Lichen dan Pteridophyta serta Lingkungannya pada Peserta Didik Kelas X

Ma'rifah, Destri Ratna (2014) Penyusunan Panduan Pembelajaran melalui Edutourism Hutan Wisata Tlogo Nirmolo Guna Memunculkan Perilaku Komunikatif, Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan dan Mengoptimalkan Pemahaman Keanekaragaman Lichen dan Pteridophyta serta Lingkungannya pada Peserta Didik Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-destri-ratna-ma'rifah-12708251072.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan panduan pembelajaran yang layak sebagai salah satu alternatif sumber belajar biologi berdasarkan aspek materi/isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan; (2) mengetahui keefektifan panduan dalam memunculkan perilaku positif peserta didik (bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan) selama berkegiatan; dan (3) mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik pada materi keanekaragaman lichen dan tumbuhan paku serta lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Tahap define meliputi analisis potensi lokasi, peserta didik, kegiatan, dan kurikulum. Tahap design meliputi pengumpulan materi, perancangan format panduan dan kegiatan, serta pembuatan prototipe produk awal. Tahap develop meliputi pengembangan prototipe panduan dengan penilaian oleh ahli (materi, media, pendidikan), peer-reviewer, dan guru biologi. Peserta didik diminta menilai tentang pelaksanaan kegiatan dan penggunaan panduan. Subjek pada saat uji terbatas adalah 10 orang peserta didik dan seorang guru dari SMA Islam 3 Sleman. Subjek pada saat uji coba diperluas adalah 39 orang peserta didik dan dua orang guru biologi MAN Pakem, Sleman. Tahap disseminate merupakan upaya penyebaran panduan yang telah direvisi kepada beberapa pihak terkait. Instrumen yang digunakan antara lain: lembar penilaian panduan oleh ahli, peer-reviewer dan guru biologi; lembar observasi kelayakan dan kesesuaian dengan kegiatan pembelajaran, keterlaksanaan dan perilaku peserta didik; angket karakter dan respon peserta didik; dan soal esai. Data hasil penilaian panduan, keterlaksanaan ecotourism, dan kemunculan indikator karakter peserta didik dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data skor tes dianalisis dengan teknik gain score. Saran pengembangan produk dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) panduan belajar layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar biologi dilihat dari aspek materi/isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan oleh ahli, peer-reviewer, dan guru Biologi karena bernilai sangat baik; (2) panduan belajar dapat secara efektif memunculkan perilaku peserta didik (bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan) selama berkegiatan dengan perolehan sangat positif; dan (3) panduan belajar dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi keanekaragaman lichen, pteridophyta dan lingkungannya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: panduan pembelajaran, edutourism, perilaku
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12666

Actions (login required)

View Item View Item