Pengaruh Model Nested dan Model Webbed Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu di SMP Kabupaten Sleman

Kuntari, Septi (2014) Pengaruh Model Nested dan Model Webbed Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu di SMP Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-septi-kuntari-11705251012.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran nested dan model pembelajaran webbed. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah SMPN di Kabupaten Sleman, dan terpilih dua sekolah yaitu SMPN 2 Depok dan SMPN 3 Depok. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Dalam penelitian ini, variabel independent adalah model pembelajaran yang terdiri atas dua kategori yaitu: model nested dan model webbed. Variabel dependen adalah hasil belajar IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar. Validasi instrumen dilakukan dengan validasi logis (expert judgement) dan validasi empiris melalui ujicoba untuk mengukur daya pembeda soal dengan taraf signifikansi 0,05. Daya pembeda diperoleh 0,456 dan reliabilitasnya 0,805, dengan demikian soal tersebut layak digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Data sebelum eksperimen yang diperoleh terlebih dahulu diuji normalitasnya dengan rumus kolmogorof-smirnov dan homogenitasnya dengan levene test. Hasilnya, data tersebut memenuhi persyaratan analisis varian. Selanjutnya data hasil posttest diolah dengan menggunakan uji-t, dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model nested dan dengan menggunakan model webbed dengan nilai t sebesar 0,314 > 0,05, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan. Dengan demikian hasil belajar dengan model nested maupun model webbed tidak berbeda secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Nested, Model Webbed
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 10 May 2016 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12664

Actions (login required)

View Item View Item